Sejarah Excavator

SERVICE
November 22, 2019
Kenapa Harus Lakukan PM?
December 18, 2019

Sejarah Excavator

Excavator pertama kali diciptakan oleh William Smith Otis pada tahun 1835

Excavator pertama kali diciptakan pada tahun 1835 oleh William Smith Otis, seorang mekanik asal Amerika Serikat yang saat itu masih berusaia 22 tahun. Excavator pertama saat itu adalah berupa bucket yang ditarik oleh rantai dan seling yang digerakkan oleh mesin uap. Excavator tersebut hanya bisa berjalan di atas rel kereta api saja.

Berbeda dengan excavator modern yang bisa berputar hingga 360 derajat, excavator saat itu hanya baru bisa berputar sejauh 90 derajat saja. Ukuran bucket-nya pun hanya 1,15 meter kubik saja dan memiliki kemampuan produktivitas penggalian tanah sebanyak 64 meter per jam.
Perkembangan teknologi pun ikut berpengaruh pada perkembangan model dan kemampuan excavator.

Excavator saat ini sudah menggunakan mesin yang lebih modern serta dilengkapi dengan tenaga hidrolik yang memungkinkan lengan excavator untuk berputar hingga 360 derajat. Lebih hebatnya lagi, bila awalnya excavator hanya bisa digerakkan di atas rel kereta api, excavator modern saat ini bahkan sudah ada yang bisa dioperasikan di atas air.

Perkembangan excavator modern pun terlihat dari berbagai variasi model bucket yang digunakan. Beragam variasi model bucket ini memiliki fungsi yang berbeda yang bisa digunakan secara bergantian sesuai dengan meda kerja atau material. Excavator bahkan ada yang dilengkapi dengan breaker atau palu pemukul yang berfungsi sebagai pemecah batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×